Saturday, July 16, 2011

[beasiswa] Re: [butuh info] beasiswa S2 Desain di Jerman, Swiss, Swedia, Belanda

Scholarships for International Students

 

   

 

 



Halo Nindya, DP 2007 ya? Saya Nana, Kriya 2005 (malah nggosip) :p
 
Betul nin, opportunity beasiswa S2 keluar negeri buat FSRD memang "agak kelam", ga sebanyak dan ga seluas ksempatan buat field Teknik / Sains dll. Karena kesetaraan kurikulum art and desain di Indonesia belum sejajar dgn di negara lain (entah mana yg lebih tinggi). Sementara, teknik & sains udah cukup ekuivalen. Inipun brdsrkan diskusi dgn beberapa teman FSRD sesama pencari beasiswa, dari sumber yg terpercaya, walopun tetep harus di-update terus juga. Siapa tau skrg udh mulai sinkron. Saya juga skrg lagi ubek2 cari hal yg serupa dgn nindya. Yang bisa saya coba saranin :
 
  1.  Ini beasiswa regional dari CIMB Group http://www.cimb.com/index.php?ch=g2_csr&pg=g2_csr_content&ac=2&tpt=cimb_group   Eligible utk semua mahasiswa Asia Tenggara, ke semua univeristas di dunia. Arts & Design termasuk fields yg lagi mreka concern-kan.
  2. nindya bisa coba daftar S2 di ITB, dan apply beasiswa double degree-nya. Itupun kalo nindya ga masalah harus jalanin 1 taun dulu di ITB. ITB udah ada kerjasama dengan univ di Jerman, Korea, dan Thailand untuk double degree. Yang Jerman nindya bisa coba. Sumber beasiswanya dari Diknas. Dan ada juga yg dari Dikti kalo nindya kedepannya mau berkarir di ITB. Nindya bisa mulai cari2 info dari skrg. ITB setahun buka 2 gelombang untuk program ini. Saya skrg juga lagi proses beasiswa ini, tapi utk fashion design.
  3. Karena beasiswanya cenderung jarang, bukan brarti ga ada. Nindya bisa coba metode kontak professor secara langsung & personal. Arahnya ke beasiswa yg lebih kecil & personal juga, atau by project & by research. Nindya bisa list dulu kampus2 di negara yg nindya pengen & adakah jurusan yg dicari. Langsung cari list staff-nya, dan disitu biasanya ada alamat email profesor. Ada yg biasanya sekaligus memuat research yg sdang mreka kerjakan, tp ada juga yg ga dipublish. Mungkin aja ada research mreka yg match sama ide nindya. Biasanya ini banyak terjadi di Korea & Jepang, yang kalo professor udah suka, kmungkinan besar mau jadi advisor tesis kita, dan kmungkinan besar brangkat & beasiswa turun. Ga menutup kemungkinan bisa dicoba juga untuk negara2 Eropa, apalagi kalo sbelumnya nindya pernah terlibat kegiatan sama salah satu negara yg nindya pngen. Entah udah bisa bahasanya duluan, atau hal2 spesifik lainnya. Nindya masi punya banyak waktu, browsing2 sambil ngerjain TA. Sapa tau kedepannya muncul lebih banyak option, baik dari pilihan negara, ato jenis beasiswanya.
 
Kalo ada yg mau dishare lagi, with pleasure. Senang menemukan sesama pencari beasiswa di konteks yang "agak kelam" ini (haha). Senang sekali juga kalo ada milister yg mau ikut share dan mungkin tau lebih banyak juga.

Good luck nin! :)




 
obrigada,
ratna maharani arginine
+62 813 2026 1681
west java - indonesia

__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment