Monday, July 4, 2011

Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] jika anak dibawa kuliah ke jepang dan harus pindah sekolah (SD)

Scholarships for International Students

 

   

 

 

Sekedar sharing,

Tahun 2009 kemarin saya bawa anak saya ke jepang pada bulan september. Saat di indonesia dia baru 2 bulan di kelas 5,
begitu sampai di jepang, saya masukkan ke sekolah publik dan diijinkan untuk belajar di kelas 5 semester 2.
Lokasi sekolahnya di Hiyoshi, Yokohama.
Biaya masuk gratis, karena sekolah publik di jepang memang gratis hingga kelas 9 (smp kelas 3) hanya ada biaya makan siang
per bulannya sebesar 5000 yen. Tetapi ada dana bantuan pemerintah (kodomo teate) sebesar 12.000 yen per bulan untuk satu orang anak.
saya membawa dua anak, jadi sy memperolah 24.000 yen per bulan, cukup membantu sekolah anak saya yang pertama. Ditambah lagi ada semacam dana pendidikan dari sekolahnya sebesar kurang lebih 10.000 yen per tahun, dan biaya pembelian kacamata.

Masalah bahasa, pihak sekolah menyediakan guru privat khusus bahasa jepang tingkat dasar untuk anak saya,
dan belajar bahasa jepang pada waktu-waktu tertentu selama satu semester. Kelihatannya ini menjadi kebijakan umum sekolah publik di jepang.

Memang satu atau dua bulan pertama, bahasa agak menjadi masalah, dan anak saya sempat mogok tidak mau sekolah,
karena ada salah satu guru yang cukup "tegas" dalam mengajarnya. tetapi setelah 3 bulan, normal-normal saja,
malah dia semangat berangkat sekolah pagi-pagi sekali.

Saya sempat ke sekolah nya saat ada undangan untuk orang tua, dan saya lihat anak saya ikut aktif menjawab pertanyaan senseinya
di kelas, dan juga aktif ngobrol dengan teman-temannya saat istirahat, tentunya dengan bahasa jepang.

Awalnya saya ragu membawa keluarga ke jepang, salah satunya khawatir sekolah anak.
Tetapi ada dai senpai orang indonesia (sampai saat ini msh tinggal di jepang) yang mengatakan pada saya,
Jangan ragu menyekolahkan anak di jepang, karena kemampuan mereka jauh diatas kemampuan orang tuanya.
dan saya membuktikannya sendiri.

Semoga membantu.
 
Erwin Harahap


From: june c <brillelune@yahoo.com>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 3 July 2011, 23:17
Subject: [beasiswa] [BUTUH INFO] jika anak dibawa kuliah ke jepang dan harus pindah sekolah (SD)

 
Dear milisters,

minggu lalu saya menerima surat penerimaan dari Ritsumeikan APU untuk program S2 Asian Studies dengan beasiswa ADB. jika tidak ada halangan, perkuliahan akan dimulai bulan September tahun ini. 

dengan 2 anak yang masih kecil, saya berencana membawa anak saya selama studi. kemungkinan besar anak-anak baru bisa saya bawa bulan Maret atau April tahun depan (setelah kuliah berjalan 1 semester).

dari beberapa informasi yang saya baca, 6 bulan merupakan waktu yang ideal untuk menyiapkan dokumen pendaftaran anak tinggal dan sekolah. dengan sumber dana murni dari dana beasiswa, saya berencana memasukkan anak saya yang pertama ke SD publik dan anak kedua ke day care publik.

namun dengan jadwal dimulainya tahun ajaran sekolah yang berbeda (di Indonesia bulan Juli, di Jepang bulan Maret-April), saya bingung menyiasati masalah yang mungkin muncul terkait pemindahan sekolah anak saya (yang pada bulan Maret nanti belum berakhir tahun ajarannya) dari Indonesia ke Jepang. dengan belum berakhirnya tahun ajaran di Indonesia, apakah anak saya harus mengulang jenjang kelasnya (kelas 2 SD tahun ajaran ini) saat masuk sekolah di Jepang?

terkait kemampuan bahasa Jepang, saya pernah membaca pengalaman seorang perempuan Amerika menyekolahkan anaknya di SD tanpa pengetahuan dasar bahasa Jepang. sekolah itu memiliki semacam kebijakan tidak tertulis untuk membantu percepatan pembelajaran bahasa Jepang untuk siswa asing. yang ingin saya tanyakan, apakah kebijakan itu memang berlaku umum pada semua SD publik di Jepang atau kebetulan hanya di sekolah tsb saja? saya agak khawatir karena masalah kemampuan bahasa ini berpengaruh tidak hanya pada sisi akademis tapi yang lebih penting lagi pada sisi pergaulan sosial anak saya dengan teman-temannya (siswa lokal) kelak.

mohon saran dan masukannya ya ... terima kasih sebelumnya.

salam,
June




__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment