Thursday, July 21, 2011

Bls: [beasiswa] [Butuh Info] Share Universitas yang fokus di renewable energy

Scholarships for International Students

 

   

 

 

Saya ingin mengkoreksi sedikit. Smart Grid/Jala-jala pintar (kata temen saya) itu bukan bidang renewable energy. Itu adalah salah satu metodologi untuk memanfaatkan pertumbuhan pembangkitan listrik dari sisi konsumen. Hal ini akan mengakibatkan mekanisme hubungan antara produksi dan kebutuhan listrik menjadi rumit.

Pertanyaan ini sebenernya sudah ditanyakan sebulan yang lalu, jika Apri mau menggunakan waktunya sedikit saja maka akan ketemu email-emailnya di dalam milis ini. Berikut ini saya copas jawaban saya terhadap pertanyaan serupa:

====================================================================================================================

Halo Luthfi,

Wah ternyata banyak rekan-rekan milis begitu antusias membantu Luthfi. Saya ingin memberikan perspektif berbeda dalam mengambil keputusan tentang master in sustainable energy / renewable energy technology, berhubung saya lulusan master in sustainable energy system di Chalmers , Swedia, dengan latar belakang teknik kimia yang kemudian langsung dipekerjakan oleh Chalmers.

Saya pun dahulu sama dengan mas Luthfi yaitu saya ingin mengambil jurusan master in sustainable energy / renewable energy technology, beruntung setelah kuliah di Chalmers jadi tambah mengerti tentang bidang ini. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa sustainable energy itu berbeda dengan renewable energy. Saya bisa mengatakan bahwa master in sustainable energy system di Chalmers ini lebih fokus ke arah pendekatan sistem, sehingga hanya sedikit kuliah yang berhubungan dengan teknis. Rata-rata kuliah yang saya ambil kalau tidak berbau sistem, maka berupa pengenalan dasar tentang suatu teknik, sehingga dari 12 kuliah yang saya ambil ada 3 dari bidang sistem, 2 dari bidang teknik kimia, 2 dari bidang fisika/nano, 1 dari bidang teknik mesin, 1 dari bidang sipil, 1 dari bidang manajemen, 1 dari bidang safety dan 1 dari bidang teknik elektro. Memang akhirnya saya tidak punya suatu keahlian yang mumpuni tapi saya mempunyai pengetahuan yang cukup luas dengan mengambil begitu banyak jenis mata kuliah.

Kuliah di jurusan teknik elektro di Chalmers yaitu electric power engineering kata teman saya yang mengambil jurusan tersebut sama seperti kuliah S1-nya cuman lebih dalam aplikasinya. Di dalam divisi electrical engineering yang mengasuh jurusan electric power engineering terdapat 2 working group yaitu wind energy dan hybrid vehicle yang kedua-duanya adalah bagian dari sustainable energy / renewable energy technology. Sekarang pertanyaannya adalah apakah Luthfi ingin memperluas pengetahuan seperti yang saya lakukan atau ingin lebih memperdalam latar belakang teknik elektronya?

Sekian semoga membantu dalam mengambil keputusan. Oh iya jika ingin mengambil teknik elektro maka ada kesempatan untuk menggunakan beasiswa dari depkominfo. Mudah2an masih ada beasiswa tersebut.


Salam,
Ricky


Dari: endiandika tri putranto <bhetateta@yahoo.com>
Kepada: beasiswa@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 9 Juni 2011 7:35
Judul: Bls: [beasiswa] [Butuh Info] Master In Sustainable Energy / Renewable Energy Tecnology

hai...

coba ini :

http://www.daadjkt.org/index.php?postgraduate-1

semoga berhasil.

Salam,
 
"Idealism is one last precious thing being had by young man"



Dari: Luthfi Pratama <bro3r_04@yahoo.com>
Kepada: beasiswa@yahoogroups.com
Terkirim: Sel, 7 Juni, 2011 22:49:08
Judul: [beasiswa] [Butuh Info] Master In Sustainable Energy / Renewable Energy Tecnology

 
Salam, 

Mohon bantuan ke teman semuanya,
Nama saya Luthfi, saya seorang mahasiswa tingkat akhir di salah satu PTN Surabaya, dengan background Electrical engineering.
Selanjutnya saya ingin melanjutkan studi bidang Master in Sustainabel Technologys,sekiranya adakah program dan scholarship yang comply dengan bidang saya?dan langkah apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa tersebut?


Terima kasih



Dari: m.apriyudi syafputra <reman130488@yahoo.co.id>
Kepada: beasiswa@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 19 Juli 2011 8:25
Judul: [beasiswa] [Butuh Info] Share Universitas yang fokus di renewable energy

Teman-teman millis beasiswa
Saya apri lulusan teknik Elektro. Saat ini saya sudah bekerja dan berniat melanjutkan studi untuk bidang renewable energy seperti teknologi smart grid.
Mungkin teman-teman disini ada info universitas yang sudah mengarah kesini dan bisa di share di sini.

Terima kasih
 




__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment